Titi Muswati Putranti

Dr. Titi Muswati Putranti M.Si

Dr Titi Muswati Putranti, M. Si saat ini menjabat sebagai Direktur Eksekutif Tax Centre Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia. Pada tahun 2014 – 2018 dia menjabat sebagai Wakil Dekan Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum Fakultas Ilmo Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Sejak Tahun 2021 sampai sekarang, dia menjadi Direktur Perencanaan dan Anggaran Universitas Indonesia.


Dr Titi mendapat gelar Doktor dalam bidang Kebijakan Perpajakan dari Universitas Indonesia dengan risetnya berjudul rekonstruksi kebijakan insentif pajak untuk mendorong industri rendah karbon. Gelar magister diperolehnya pada tahun 1997 juga dari Universitas Indoneisa dalam bidang Pajak Penghasilan. Dr Titi juga sebagai dosen dan peneliti pada Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia.

Pengalamannya didukung dengan sejumlah pelatihan dan kursus termasuk seminar dan konferensi bertaraf nasional dan internasional seperti course and research on aspects of taxation, in paticular the organization and management of the tax administration, domestic and international tax policy, as well as selected aspects of international tax law yang diselenggarakan oleh IBFD International Tax Academy, Amsterdam. Menghadiri Seventh Annual Session of the United Nations Committee of Experts on International Cooperation in Tax Matters, yang diselenggarakan oleh UN Tax Expert Geneva. 

Dr. Titi mempunyai ketrampilan, pengetahuan dan keahlian yang kuat pada bidang kebijakan dan administrasi perpajakan.


Mempunyai pengalaman yang luas di bidang konsultan kebijakan dan implementasi pajak dan pernah bergabung pada konsutan pajak asing seperti PKMG dan PwC selama 16 tahun. Melakukan penelitian untuk lembaga asing. Mengerjakan policy brief untuk Kementerian Keuangan mengenai a green and inclusive economy: the finance minister’s perspective yang mendapatkan hibah dari Department for International Development (DFID) Inggris. Juga telah menyelesaikan penelitian dengan World Bank dalam projek review of the Indonesian Income Tax Rate Structure.


Dr. Titi juga melakukan studi mengenai tobacco taxation policy di Indonesia kerjasama dengan the University of Illinois Chicago. Mengerjakan konsultasi dengan GIZ dan Kementerian Perindustrian mengenai insentif pajak untuk industri hijau. Menjadi anggota projek yang diprakarsai oleh Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup mengenai Pajak Bumi dan Bangunan sektor Kehutanan untuk mendukung Hutan Berkelanjutan. Pada tahun 2020 sd 2021 menjadi ketua dalam projek penelitian dengan World Resources Institute UK mengenai carbon tax, dimana hasil penelitian tersebut telah menjadi bagian dari proposal kebijakan Kementerian Keuangan mengenai Pajak Karbon. Publikasi akademiknya juga telah diterbitkan pada jurnal nasional dan internasional.


Dr. Titi juga menjadi salah satu pengurus pada Internasional Fiscal Tax Administration Association (IFTAA) dan juga wakil ketua Asosiasi Tax Centre Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia. Menjadi anggota riset Kluster Governansi dan Akuntabilitas Perpajakan FIA UI. Dr. Titi juga menjadi pembimbing penelitian mahasiswa dan juga fasilitator pelatihan ketrampilan lunak (Soft Skills Training).